PENGANTAR ATOMIC HABITS BY JAMES CLEAR



1.      Saya bertekad tidak membiarkan kecelakaan itu meruntuhkan semangat saya, tapi tak jarang saya merasa tertekan dan sangat galau.

2.      Saya fokus pada upaya mengatur diri, sementara teman-teman bergadang untuk mengobrol dan bermain video game, saya membangun kebiasaan tidur yang baik dengan tidur lebih dini setiap malam. Di dunia asrama mahasiswa yang serba bebas dan jorok, saya bertekad membuat kamar saya tetap bersih dan rapi. Perbaikan-perbaikan ini remeh, tapi memberi saya kesan mampu mengendalikan hidup.

3.      Kebiasaan adalah rutinitas atau perilaku yang dijalankan secara teratur dan dalam banyak kasus otomatis. Ketika semester satu berganti ke semester berikutnya. Saya berhasil mengumpulkan kebiasaan kecil tapi konsisten yang akhirnya mengantakan saya ke hasil-hasil yang tak terbayangkan.

4.      Kebiasaan-kebiasaan tidur, belajar dan latihan fisik sungguh mulai mendatangkan hasil

5.      Semoga anda memaafkan saya karena cerita terkesan berlebihan. Sejujurnya tidak ada yang legendaris atau historis dalam karier olahraga saya. Saya tidak pernah sampai menjadi pemain professional. Namun dengan mengenang tahun-tahun itu, saya percaya telah meraih sesuatu yang terbilang langka. Saya berhasil memaksimalkan potensi

6.      Perubahan-perubahan yang terkesan kecil dan remeh pada awalnya akan memberikan hasil-hasil menakjubkan bila saya bersedia menjalaninya bertahun-tahun. Kita semua berhadapan degan kemunduran, tapi dalam jangka panjang kualitas hidup kita seringkali bergantung pada kualitas kebiasaan kita.

7.      Serangkaian  panjang kemenangan kecil dan terobosan sangat kecil. Satu-satunya cara yang saya pilih adalah mulai dengan hal kecil. Dan saya menerapkan strategi yang sama beberapa tahun kemudian

8.      Barangkali ada orang yang mampu meraih kesuksesan luar biasa dalam satu malam. Saya tidak kenal satupun diantara mereka dan saya jelas bukan salah seorang diantara mereka

9.      Pada November 2012 saya mulai menerbitkan artikel di james.clear. setelah selama bertahun-tahun, saya menyimpan catatan  dengan pengalaman-pengalaman pribadi saya yang berkaitan dengan kebiasaan dan saya akhirnya siap membagikan semua itu kepada public. Saya mulai menerbitkan artikel baru setiap senin dan kamis. Dalam beberapa bulan, kebiasaan menulis sederhana ini membuat saua mendapatkan seribu pelanggan email pertama, dan pada akhir 2013 angka itu naik dan menjadi lebih dari tiga puluh ribu orang.

10.  Pada 2014 daftar email saya berkembang ke lebih dari seratur ribu pelanggan, yang menjadikannya salah satu newsletter dengan pertumbuhan paling cepat di internet. Saya merasa menjadi pembual ketika mulai menulis dua tahun silam, tapi sekarang saya dikenal sebagai pajar dalam hal kebiasaan. Label baru yang membuat saya senang sekaligus tidak nyaman. Saya tidak pernah memandang diri saya sebagai pakar dalam topic ini. Melainkan sekedar orang yang bereksperimen bersama-sama pembaca.

11.  Pada tahun 2015 saya meraih dua ratus ribu pelanggan email dan menandatangi kontrak buku untuk menulis buku yang sedang anda baca sekarang. Ketika audiens bertambah, begitu pula peluang bisinis saya. Saya lebih banyak diminta berceramah di banyak perusahaan terkemuka dengan ilmu ttg  pembentukan kebiasaan, perubahan perilaku dan perbaikan terus menerus.saya menjadi pembica utama pada konferensi di amerika serikat dan eropa. Pada 2016 artikel saya mulai muncul secara teratur di publikasi-publikasi besar. Pelatih di NFL, NBA dan MLB mulai membaca karya saya dan membagikannya kepada tim mereka.

12.  Pada awal 2017 saya meluncurkan habits acamdemy, yang menjadi landasan pelatihan perdana bagi organisa-organisasi dan individu yang tertarik membangun kebiasaan yang lebih baik dalam hidup dan pekerjaan. Secara keseluruhan lebih dari sepuluh ribu pemimpin, manajer dan pelatih dan guru di gembleng oleh habits academy. Dan karya saya bersama mereka telah mengajarkan banyak sekali ttg apa yang diperlukan untuk membuat kebiasan itu berhasil di dunia nyata.

Di tahun 2018 jamesclear.com menerima jutaan pengunjung perbulan dan hampir lima ratus ribu orang menjadi pelanggan untuk email newsletter saya. Jumlah yang sungguh diluar dugaan ketika saya baru mulai karena berpikir ttg hal itu pun dulu saya tidak berani.

13.   Membangun kebiasaa yang lebih baik bukan untuk beberapa hari atau minggu.  Tapi seumur hidup. Meskipun sains mendukung semua yang telah saya tulis. Buku ini bukan makalah penelitian ilmiah. Buku ini petunjuk pelaksanaan. Bidang-bidang yang sya manfaatkan adalah biologi, ilmu saraf, filsafat, psikologi dan sebagainya yang sudah ada bertahun-tahun. Apa pun yang baik dalam buku ini adalah jasa banyak pakar sebelum saya. Sedangkan apa pun yang konyol, anggaplah kesalahan saya.

14.  Tidak peduli dimana anda mulai dan apa yang ingin diubah. Strategi yang saya bahas relevan dengan siapa pun yang mencari sistem selangkah demi selangkah untuk perbaikan, entah sasaran anda adalah kesehatan. Keuangan, produktivitas. Selama terkait dg perilaku manusia buku ini akan menjadi panduan anda.


Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.

 


Komentar

Postingan Populer