ATOMIC HABITS: BAB 6 (Lingkungan Seringkali Lebih Penting)

 

sumber : pexels.com


1.      Orang seringkali memilih produk bukan karena apa produk itu, tapi karena dimana produk itu. Kalau masuk ke dapur dan melihat kue di meja, saya akan mengambil beberapa dan mulai memakannya, bahkan saat saya tidak pernah merencanakan dan tidak sedang lapar.Perilaku tertentu cenderung muncul dan muncul lagi dalam kondisi lingkungan tertentu. Di jalanan gelap orang cenderung bersikap waspada.

2.      Banyak aksi yang dilakukan setiap hari dibentuk bukan oleh dorongan dan pilihan sadar, melaikan oleh pilihan yang paling terlihat.Namun yang paling hebat di antara manusia adalah kemampuan penglihatan. Manusia lebih bergantung pada penglihatan daripada indra lain, sehingga tak heran jika petunjuk-petunjuk visual menjadi katalisatir utama perilaku kita. karena alasan ini, perubahan kecil pada apa yag kita lihat dapat mengantar ke perubahan besar pada apa yang kita lakukan/ sehingga penting untuk bekeerja di lingkungan lingkungan yang memiliki petunjuk produktif.

3.      Setiap kebiasaan dimulai oleh petunjuk. Bila ingin menjadikan suatu kebiasaan penting dalam hidup, maka buatlah petunjuk yang menonjol. Perilaku yang persisten biasanya memiliki petunjuk lebih dari satu.Bayangkan betapa banyaknya cara yang membuat perokok tergerak mengambil sebatang batang. Seperti mengendarai mobil, melihat teman merokok dan stress dalam bekerja. Strategi yang sama bisa digunakan untuk kebiasaan baik, dengan menyebar pemicu-pemicunya..

4.      Jika sulit mendapatkan lingkungan yang sepenuhnya baru, coba defenisikan kembali dan atur ulang lingkungan yang sudah ada. Ciptakan ruangan terpisah untuk bekerja, belajar, menonton. Satu ruangan satu aktivitas. Namun jika tempat yang anda punya sangat sempit maka bagilah ruangan itu ke dalam beberapa kawasan. Seperti kursi untuk membaca, meja tulis untuk menulis, meja untuk makan. Tidak hanya itu anda bisa juga melakukannya pada ruangan digital. Seperti ponsel untuk media sosial dan pesan teks. Tablet untuk membaca dan computer untuk menulis.

5.      Lingkungan stabil, tempat segala sesuatu memiliki satu tempat dan satu tujuan adalah lingkungan tempat kebiasaan dapat terbentuk dengan mudah.

 

Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.



Komentar

Postingan Populer