ATOMIC HABITS: BAB 5 (Cara Terbaik Untuk Memulai Kebiasaan Baru)

 

sumber : pexels.com


1.      Banyak orang berpikir mereka kurang termotivasi, padahal sesungguhnya mereka kurang jelas kapan dan dimana aksi akan dilaksanakan tidak terlalu jelas. Ada orang yang menghabiskan seluruh hidup menunggu kapan waktu yang tepat untuk melakukan perbaikan

2.      Kebiasaan akan semakin kuat ketika ditumpuk dengan kebiasaan lainnya

3.      Menumpuk kebiasaan paling berhasil jka petunjukkanya sangat spesifik da bisa langsung dilakukan.banyak orang memilih petunjuk yang samar. Seperti ketika istirahat makan siang aku akan push up. Sepintas lalu ini terkesan wajar. Namun pemicunya tidak jelas. Apakah pushupnya setelah makan atau sebelum makan. Sehingga jika menggunakan tumpukan kebiasaan maka, “setelah saya menutup laptop untuk makan siang, aku akan push up sepuluh kali di samping meja kerja”. Kebiasaan seperti membaca lebih banyak atau makan lebih sehat adalah alasan bagus, tapi sasaran ini tidak menyediakan instruksi tentang bagaiaman dan kapan dilakukan. Harus spesifik dan jelas.

4.      Kaidah pertama perubahan perilaku adalah menjadikannya terlihat. Yaitu strategi niat implementasi dan menumpuk kebiasaan. 



Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.

Komentar

Postingan Populer