ATOMIC HABITS: BAB 1 (Dahsyatnya Kekuatan Atomic Habit)

 

sumber : pexels.com


1.      Ketika perbaikan-perbaikan itu dengan ratusan perbaikan kecil lainnya diakumulasikan, hasilnya datang lebih cept daripada yang dibayangkan

2.      Perbaikan 1% selalu tak terasa kadang malah tak terlihat. Padahal perbaikan itu dpat jauh lebih baik dan bermakna dalam jangka panjang. Perubahan dari suatu perbaikan yg sangat kecil tapi berlanjut dalam waktu lama bisa menjadi 1% lebih baik setiap hari dalam setahun

3.      Kita sering mengabaikan perubahan kecil karena terkesan tidak begitu penting saat itu. Sayangnya, laju transformasi yang lambat juga memudakan kita membiarkan kebiasaan buruk tetap terjadi. Jika makan makanan yang tidak sehat hari ini, timbangan anda memang tiak langsung naik. Namun juka mengulang kebisaan jelek ini 1%, hari demi hari kebisaan buruk akan diulang. Pilihan kecil ini mengalami proses bunga majemuk samai menjadi racun.

4.      Perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dapat membuat anda tiba di sasaran yang sangat berbeda seperti pesawat yang mengubah arah beberapa derajat. Membuat pilihan 1% lebih baik atau buruk mungkin tak bermakna pada hari ini, tapi dalam jangka panjang pilihan itu menentukan perbedaaan antara siapa kita sekarang dan siapa kita nanti. Sukses adalah produk kebiasaan sehari-hari bukan transformasi yang hanya sekali seumur hidup.

5.      Waktu memperbesa margin antara kesuksesan dan kegagaln. Waktu akan melipatgandakan apa pun yang anda  masukkan. Kebiasaan baik menjadikan waktu sahabat anda. Kebiasaan buruk menjadikan waktu musuh anda

6.      Peristiwa terobosan seringkali terjadi akibat banyak aksi sebelumnya, yang menghimpun potensi sampai cukup untuk memicu perubahan besar. Pola ini terjadi dimana-mana. Kanker menghabiskan 80% hidupnya tanpa ketahuan, dan tiba-tiba berhasil menguasai seluruh tubuh dalam hitungan bulan. Bamboo hampir tak terlihat selama lima tahun pertama hidupnya karena sibuk membangun sistem akar yang kukuh di bawah tanah sebelum menjulang puluan meter ke udara dalam rentang enam pekan

7.      Begitu juga dnegan kebiasaan sering muncul tanpa keistimewaan sampai anda melewati suatu ambang batas kritis. Anda berharap mendapatkan kemajuan dengan cara linear jadi anda bisa frutrasi ketika melihat perubaan terkesan tidak efektif dalam hari-hari pertama. Rasanya seolah jalan di tempat.

8.      Orang membuat beberapa perubaan kecil tapi tidak dapat melihat hasil nyata,jadi ia memutuskan berhenti, akhirnya menghentikan kebiasaan baik yg sudah dimulai, namun agar mendapatkan perubahan bemakna, kebiasaan baik harus dipertahankan cukup lama untuk bisa membuat terobosan ke tataran yang saya sebut dataran potensi laten.

9.      Bila susah untuk membangun kebiasaan baik atau menghentikan kebiasaan buruk itu bukan karna kita tidak mampu untuk menjadi lebih baik. Seringkali itu karena anda belum melewati dataran potensi laten.

10.  Ketika akhirnya anda tembus ke dataran potensi alten, orang menyebutnya kesuksesan mendadak. Dunia luar hanya melihat peristiwa yang dramatis, tidak melihat yang terjadi sebelumnya.

11.  Penguasaan sesuatu menuntut kesabaran. Saya sengaja pergi menyaksikan tukang batu mengayunkan martik ke sebongkah batu cadas, mungkin sampai seratus kali, tanpa menghasilkan satu retakan pun pada cadas itu, namun pada hantaman ke seratus kali cadas itu terbelah dua. Dan saua tahu bukan hantaman terakhir yang menyebabkannya-melainkan semua hantaman yang dilakukan sebelumnya

12.  Namun apa yang menentukan apakah  kita bertahan pada suatu kebiasaan cukup lama agar selamat sapai daratan potensi laten dan tembus ke sisi lain?apa yang menyebabkan sebagian orang terjerumus ked lam kebiasaan yang tidak diinginka sedangkan yang lain berhasil menikmati efek bunga majemuk dari kebiasaan baik.


Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.

 


Komentar

Postingan Populer