ATOMIC HABITS: BAB 2 (Bagaimana Kebiasaan Membentuk Identitas)

 

1.      

sumber : pexels.com

Banyak orang memulai proses pengubahan kebiasaan dengan berfokus pada apa yang ingin mereka raih. Ini mengantarkan kita pada kebiasaan berbasis hasil. Harusnya membangun kebiasaan berbasis identitas. Dengan pendekatan ini, kita mulai berfokus pada ingin menjadi sosok seperti apa?

2.      Perilaku yang tidak sesuai dengan diri tidak akan tahan lama. Ada orang yang kaya tapi identitasnya cenderung menunjukkan orang yang konsumtif bukan produsen. Jadi cenderung berbelanja daripada mendapatkan uang

3.      Perubahan perilaku adalah perubahan identitas. Anda mungkin memulai suatu kebiasaan karena motivasi, tapi satu-satunya alasan mempertahankan itu adalah karena itu bagian dari identitas anda. Seseorag dapat membujuk dirinya untuk berolahraga dan menyantap makanan sehat. Tapi jika ia tidak mengubah keyakinannya di balik perilaku iu. Maka sulit mempertahankannya dalam jangka panjang. Perbaikan hanya sementara, kecuali menngubah identitas menjadi bagian dari siapa diri anda.

4.      Identitas berasal dari kebiasaan anda. Kita tidak dilahirkan dengan keyakinan bawaan. Melainkan dari pengalaman yang diyakini tentang diri sendiri dan apa yang dipelajari. Ketika seseorang merapikan tempat tidur setiap hari, maka anda mewujudkan identitas terorganisasi. Ketika berolahraga setiap hari anda mewujudkan idetitas atletis. Makin sering aktivitas itu diulang maka makin kuat identitas yang terkait perilaku itu. Apapu  identitas saat ini. Anda hanya memercayainya karena anda memiliki bukti tentangnya. Jika anda belajar setiap malam selama sejam, maka anda memiliki bukti bahwa nada rajin. Makin banyak bukti bahwa anda memiliki suatu keyakinan, makin kuat anda meyakininya.

5.      Mustahil seseorang memandang diriya sebagai pesepak bola hanya karena pernah satu kali menendang bola. Namun keyika anda mengulang aksi-aksi itu bukti akan terakumulasi dan citra diri mulai berubah. Sehingga proses membangun kebiasaan sesungguhnya sama dengan proses menjadi diri sendiri. Ini adalah evolusi bertahap. Kita tidak berubah dalam sekejap mata dan menjadi orang baru. Kita berubah sedikit demi sedikit, hari demi hari, kebiasaan demi kebiasaan. Kita terus mengalami evolusi mikro diri.

6.      Tiap kebiasaan tidak hanya mendatangkan hasil namun mengajarkan kepada anda untuk percaya pada diri sendiri. Anda mulai percaya anda sungguh dapat meraih hal-hal itu ketika suara yang mendukung bertambah banyak dan bukti mulai berubah

7.      Begitu berhasil memegang tipe orang yang ingin dicapai. Anda mulai mengambil langkah-langkah kecil untuk memperkuat identitas diri. Jika anda mau menurunkan berat badan maka anda akan bertanya pada diri sendiri. Apa yang akan dilakukan oleh orang yag sehat. Jika sepanjang hari pertanyaan ini menjadi panduan. Maka anda akan cenderung berjalan kali dibandingkan naik taksi. Sehingga yang harus selalu difokuskan adalah menjadi tipe orang, bukan hasilnya sendiri

8.      Kebiasaan dapat memudahkan anda meraih hal yang diinginkan. Namun pada dasarnya itu tidak terkait dengan mempunyai sesuatu tapi terkait dengan menjadi seseorang.





Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.




Komentar

Postingan Populer