ATOMIC HABITS: BAB 17 (Bagaimana Mitra Akuntabilitas Dapat Mengubah Segalanya)


 

sumber : pexels.com


1.      Makin langsung suatu nyeri, makin kecil peluang suatu perilaku diterapkan. Jika ingin mencegah kebiasaan buruk dan meniadakan perilaku yang tidak sehat, menambagkan akibat langsung terhadap tindakan itu adalah cara bagus untuk mengurangi peluangnya. Kita mengulang kebiasaan buruk karena entah bagaimana kita merasakan manfaat dari situ dan menjadikan kebiasaan itu sulit ditinggalkan. Segera setelah aksi menghasilkan konsekuesni langsung, perilaku mulai berubah. Misalnya pelanggan membayar tagihan tepat waktu bila dikenai biaya keterlambatan.

2.      Seorang pebisnis bryan harris adalah orang yang pertama kali menerapkan komitmen. Ia ingin menurunkan bobot badannya. Ia menulis kontrak kebiasaan yang ditanda tangani oleh istrinya dan pelatihnya. Memang kontrak itu terkesan formal dan berlebihan. Namun menandatangani kontrak itu adalah indikasi keseriusan. Akhirnya strategi itu berhasil. Istri dan pelatihnya bertindak sebagai mitra akuntabilitas. Apabila cara ini gagal maka anda tidak hanya gagal memenuhi janji pada diri sendiri, tapi juga gagal memenuhi janji pada orang lain.

 

 



  Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.

Komentar

Postingan Populer