ATOMIC HABITS: BAB 4 (Sosok Yang Terlihat Ada Yang Tak Beres Pada Dirinya)

 

sumber : pexels.com


1.      Sebelum dapat dengan efektif membangun kebiasaan baru, kita perlu mengatasi kebiasaan yang telah ada. Karena lebih sulit ketika kebiasaan telah mengakar dalam hidup, kebanyakan akan muncul secara otomatis dan dibawah sadar. Jika kebiasaan tetap otomatis, maka anda tidak bisa berharap berhasil memperbaikinya. Kebiasaan yang otomatis itu alias tak disadari harus diubah menjadi disadari.

2.      Makin otomatis suatu perilaku, makin kecil kemungkinan kita memikirkan secara sadar. Kita bergitu terbiasa melakukan apa yang kita lakukan sehingga tak lagi mempertanyakan apakah itu memang terbaik untuk dilakukan. Sehingga kita memerlukan sistem menunjuk dan mengumumkan.

3.      Kita harus membuat daftar kebiasaan yang telah kita lakukan dan memberikan skor pada setiap kebiasaan itu. Seperti memberikan tanda + untuk kebiasaan baik, tanda – untuk kebiasaan tidak baik dan tanda = untuk kebiasaan netral.

4.      Ketika sulit untuk menilai suatu kebiasaan. Maka tanyakan pada diri. Apakah perilaku ini membantu saya menjadi tipe orang yang saya inginkan.

5.      Setelah itu untuk mewaspai kebiasaan buruk maka anda dapat mencoba dengan mengumumkannya. Sebut keras-keras aksi yang anda lakukan dan hasil yang akan didapat. Seperti “aku hampir memakan kue ini, tapi aku tidak membutuhkannya, memakannya akan membuat berat badanku  bertambah dan merugikan kesehatanku.Proses pembentukan perilaku dimulai dengan kesadaran.

 


Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.


Komentar

Postingan Populer