ATOMIC HABITS: BAB 12 (Hukum Upaya Sekecil-Kecilnya)

sumber : pexels.com



1.      Energy adalah sesuatu yang sangat berharga. Otak manusia dirancang untuk menghematnya setiap kali mungkin. Setiap aksi memerlukan pengerahan energy dalam jumlah tertentu. Makin besar energy yang diperlukan, main kecil kemungkinan aksi terjadi.

2.      In motion membuat anda merasa sudah mengerjakan sesuatu, padahal sesungguhnya anda hanya bersiap untuk melakukan apa yang seharusnya anda lakukan. Ketika persiapan menjadi semacam upaya menunda, ada yang perlu diubah. Anda tidak hanya membuat rencana, namun juga melakukannya.

3.      Bila ingin menguasai satu kebiasaan, kuncinya adalah muali dengan pengulangan bukan dengan membayangkan kesempurnaan. Anda tidak perlu memetakan setiap ciri kebiasaan baru. Yang diperlukan adalah menerapkannya

4.      Membentuk kebiasaan baru adalah proses ketika suatu perilaku lambat menjadi lebih otomatis melalui pengulangan

5.      Ketika ingin berolahraga maka upaya kecil yang dapat dilakukan adalah seperti menyiapkan baju olahraga, sepatu, tas agak jauh sebelum waktunya tiba

6.      Pada kebiasaan tidak baik, upaya kecil yang dapat dilakukan adalah misalnya anda ingin menghilangkan kebiasaan menonton, maka anda dapat menyembunyikan remote, mencabut baterai, sehingga membutuhkan waktu tambahan. Sehingga semakin besar hambatan pada kebiasaan buruk mak semakin kecil kemungkinan anda akan melakukannnya lagi.

7.      Maka perkecil hambatan pada kebiasaan baik dan perbesar hambatan pada kebiasaan buruk

 


Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.

Komentar

Postingan Populer