ATOMIC HABITS: BAB 11 (Berjalanlah Perlahan Tetapi Pantang Mundur)

 

sumber : pexels.com


1.      Kita mudah terlena ketika menyusun rencana yang optimal untuk perubahan: cara paling cepat untuk menurunkan berat badan, program terbaik untuk membangun otot. Kita terlalu fokus memikirkan pendekatan terbaik sehingga tidak pernah beraksi. Ketika in motion anda membuat rencana, membuat strategi dan belajar. Semua itu baik, tapi tidak membuahkan hasil.

2.      Sebaliknya, action adalah tipe perilaku yang memberikan hasil. Kadang in motion ada gunanya, tapi perilaku itu tidak akan pernah membuahkan hasil dengan sendirinya. Tak peduli berapa hebat rencana yang  disusun. Yang sesungguhnya anda butuhkan adalah hasil dari kebiasaan itu

3.      Tiap kali mengulang aksi, anda mengaktifkan rangkaian saraf tertentu yang terkait dengan kebiasaan termaksud.

4.      Kebiasaan sampai menjadi perilaku otomatis adalah karena melakukan perilaku tanpa memikirkan tiap langkahnya, karena sudah menjadi pikiran alam bawah sadar.

5.      Ada sebuah pertanyaan paling umum. Berapa lama orang membangun kebiasaan baru. Padahal pertanyaan seharusnya adalah berapa banyak pengulangan yang diperlukan  untuk menjadikan kebiasaannya yang otomatis. Sehingga agar kebiasaan dapat mudah maka harus dilakukan secara berulang-ulang hingga nantinya dapat menjadi kebiasaan yang otomatis.


Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.


Komentar

Postingan Populer