ATOMIC HABITS: BAB 7 (Rahasia Pengendalian Diri)

sumber : pexels.com


1.      Betul adanya jika ketekunan, tekad dan kemuan sangatlah penting bagi kusuksesan. Cara meningkatkan kualitas ini bukanlah dengan menuntut agar anda menjadi orang yang lebih disiplin. Melainkan dengan menciptakan lingkungan yang lebih disiplin.

2.      Ketika kebiasaan telah terprogram dalam pikiran dan siap digunakan setiap kali situasi yang relevan muncul.

3.      Begitu kebiasaan telah terprogram, dorongan untuk melakukannya muncul setiap kali lingkungan yang sesuai untuk petunjukknya muncul kembali

4.      Mempermalukan pengidap obesitas dengan presentasi cara menurunkan berat badan bisa membuat mereka stress dan alhasil banyak orang kembali ke strategi perlawanan yang mereka sukai: makan berlebihan. Itu juga berlaku pada memperlihatkan gambar paru yang terbakar kepada perokok

5.      Kebiasaan buruk yang bersifat autokalaits: proses yang mengumpan diri sendiri. Kebiasaan ini memperkuat perasaan yang justru ingin dihilangkan. Ketika galau anda makan makanan yang tidak sehat. Karena makanan ini tidak sehat anda menjadi galau. Menonton tv membuat anda lesu sehingga anda menonton terus karena tidak memiliki energy untuk melakukan hal lain. Mencemaskan kesehatan malah membuat anda semakin cemas

6.      Kita bisa menghentikan kebiasaan tapi mustahil melupakannya. Begitu ceruk kebiasaan terpahat diotak. Kebiasaan itu hampir mustahil untuk dihilangkan sepenuhnya jika tidak menghindari pemicunya.

7.      Pendekatan yang lebih andal adalah menghilangkan sumber kebiasaan buruk untuk mengurangi kehadiran di lingkungan dengan petunjuk-petunjuk penyebabnya.

8.      Jika terkesan tidak dapat menyelesaikan apapun. Tinggalkan ponsel diruangan lain selama beberapa jam

9.      Jika anda menghabiskan bnayak uag untuk alat-alat elektronik, maka berhenti membaca ulasan tentang produk teknologi terbaru

10.  Praktik ini adalah kebalikan dari kaidah pertama perubahan perilaku. Sebagai gantinya menjadikannya terlihat diganti dengan menjadikannya tak terlihat.

11.  Petunjuk kebiasaan baik harus dijadikan terlihat. Sedangkan petunjuk untuk kebiasaan butuk harus dijadikan tak terlihat.

 

Rangkuman hukum-1 menjadikannya terlihat

1.      Tuliskan kebiasaan-kebiasaan baik saat ini untuk menyadarinya (bab 4)

2.      Menggunakan niat implementasi: aku akan (perilaku) pada (waktu) di (lokasi) (bab 5)

3.      Menumpuk kebiasaan (bab 6)

4.      Merancang lingkungan (bab 7)





Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.


Komentar

Postingan Populer