ATOMIC HABITS: BAB 8 (Bagaimana Menjadikan Kebiasaan Tidak Dapat Ditolak)


 

sumber : pexels.com

1.      Bila ingin meningkatkan peluang terjadinya perilaku, anda perlu menjadikan menarik.  Ini berkaitan dengan hukum kedua, tujuan kita adalah belajar cara menjadikan kebiasaan tidak dapat ditolak.

2.      Kebiasaan adalah lingkaran umpan balik yang digerakkan oleh dopamine setiap perilaku berpeluang menjadi kebiasaan berhubungan dengan kadar dopamine yang dihasilkan.

3.      Berpikir tentang liburan lebih menggairahkan daripada menjalani liburan itu sendiri. Anak-anak yang memikirkan tentang hari natal lebih bersemangat daripada ketika hari natal itu berlangsung. Itulah perbedaan antara ingin dan suka

4.      Seperti itulah kerja saraf otak yaitu menginginkan ganjaran daripada menyukainya. Peneliti menemkan keinginan menjadi mesin yang mendorong perilaku.

5.      Ronan bryne mahasiswa teknik elektro mencipatakan alat olahraga yang dapat membuat tayangan Netflix muncul. Sehingga ia dapat menonton Netflix jika ia megayuh sepedanya. Maka keinginannya untuk menurunkan berat badan dan menonton Netflix dapat tercapai.

6.      Ia menggunakan paket godaan untuk membuat kebiasaan olahraganya menarik

7.      Strategi paket godaan ini bisa digabungkan dengan bab 5

8.      Bila ingin bermain facebook, tapi anda perlu lebih banyak olahraga. Maka rumus yang bisa digunakan adalah

a.       Seteleh mengeluarkan ponsel, aku akan push up 10kali (kebutuhan)

b.      Setelah push up 10 kali, aku akan bermain facebook (keinginan)

9.      Paket godaan adalah cara menciptakan versi kebiasaan dengan menghubungkannya dengan sesuatu yang anda inginkan. Sehingga cara ini membuat kebiasaan tidak dapat ditolak, krn mengaitkan dengan sesuatu yang diinginkan.

 

 

Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.

Komentar

Postingan Populer