ATOMIC HABITS: BAB 16 (Bagaimana Mempertahankan Kebiasaan Baik Setiap Hari)

 

sumber : pexels.com


1.      Pemantau kebiasaan adalah cara sederhana untuk mengukur apakah anda melakukan kebiasaan. Format yang paling dasar adalah dengan menyediakan kalender dan menyilang tanggal setiap kali anda mempertahankan kebiasaan itu.

2.      Contoh tokoh yang mempertahankan pemantauan kebiasaan itu adalah benyamin franklin. Sejak usia 20 tahun ia selalu membawa buku kecil kemanapun pergi dan memantau kebiasaannya. Seperti tidak membuang waktu, selalu melakukan hal yang berguna.

3.      Jerry Seinfeld juga melakukan hal serupa melakukan kebiasaanya.

4.      Jangan memutus rantai. Adalah mantera dahsyat

5.      Pemantau kebiasaan dapat dipandang dari hukum kebiasaan

a.       Pemantau kebiasaan itu terlihat

Pemantau kebiasaan secara alami membangun serangkaian petunjuk visual seperti tanda silang pada kalender. Pemantauan kebiasaan juga membuat anda tetap jujur. Kita kerap mempunyai pandangan yang terdistorsi. Kita mengira telah berbuat baik daripada yang sesungguhnya. Ketika bukti berada tepat di depan anda. Lebih kecil kemungkinan anda berbohong pada diri sendiri.

b.      Pemantau kebiasaan itu menarik

Bentuk motivasi paling efektif adalah kemajuan. Ketika memperoleh sinyal bahwa kita sedang maju, kita menjadi lebih termotivasi untuk meneruskan di jalan yang sama. Sehingga pemantau kebiasaan bisa punya efek ketagihan. Ketika sedang terpuruk, mudah untuk melupakan semua kemajuan yang telah dicapai. Pemantau kebiasaan menjadi bukti visual atas kerja keras dan pengingat seberapa jauh anda telah berjalan. Sehingga itu bisa memicu anda untuk kembali memulai

c.       Pemantau kebiasaan itu memuaskan

Memantau kebiasaan bisa menjadi ganjaran itu sendiri. Anda bisa puas ketika menyilangkan daftar atas kebiasaan yang telah dilakukan. Pemantau kebiasaan juga membantu untuk tetap fokus pada proses bukan hasil

6.      Pemantau kebiasaan harus dibatasi pada kebiasaan yang paling penting. Lebih baik memantai kebiasaan secara konsisten daripada memantau 10 kebiasaan secara sporadic

7.      Pemantauan kebiasaan ini membuat hidup lebih mudah. Bahkan jika kamu bukan orang yang gemar mencatat perilaku sendiri, pengukuran ini menyenangkan karena dapat melihat bagaiman diri kita sesungguhnya menghabiskan waktu.

8.      Tak peduli seberapa konsisten anda dengan kebiasaan anda. Pasti akan ada waktunya anda terinstrupsi. Seperti misalnya anda keluar kota atau sedang sakit.

9.      Maka setiap kali itu terjadi pada saya maka aturan sederhannya, jangan pernah bolos dua kali

10.  Kalau terpaksa bolos maka berusahalah untuk menggantinya secapat mungkin. Bolos satu kali adalah kecelakaan. Namun jika bolos dua kali maka itu awal kebiasaan baru. Orang sukses mereka pulih lebih cepat. Terputusnya kebiasaan itu bukan masalah kalau kebiasaan itu segera dilakukan lagi.

11.  Kalau tidak dapat menjalankan kebiasaan dengan mulus atau menyelesaikan seperti yang diinginkan. Kita terlalu sering masuk ke siklus all or nothing. Padahal tindakan sederhana sekedar datang ke tempat olahraga saat hari sial (capek, sibuk). Tetap berlatih meskipun tidak maksimal berfungsi untuk mempertahankan manfaat yang telah terkumpul pada hari-hari sebelumnya. Jangan sia-siakan hasil yang sudah terkumpul selama ini.

12.  All or nothing adalah kebiasaan buruk yang merupakan jebakan yang dapat merusak kebiasaan anda.

13.  Sisi gelap dari pemantauan perilaku adalah kita digerakkan oleh angka. Hanya karena anda dapat mengukur sesuatu itu tidak bearti itulah yang paling penting. Dan hanya karena anda tikda mengukur sesuatu itu tidak bearti sma sekali tidak penting. Ada banyak cara untuk mengukur kemajuan dan kadang ada baiknya memindahkan fokus pada sesuatu ynag sama sekali berbeda.

14.  Jika anda ingin menurunkan berat badan. Angka pada timbangan mungkin menjadi patokan. Padahal jika fokus anda digeser anda akan melihat hasil lainnya seperti anda kan lebih mudah bangun pagi, kulit lebih sehat. Sehingga anda tetap merasa memiliki kemajua yang memuaskan. Jangan terpaku pada pengukuran angka.


 Disclaimer. Saya meringkasnya menjadi poin-poin agar punya pengelompokkan yang jelas.. Untuk mendapatkan sensasi membaca buku ini alangkah lebih baik jika langsung membacanya, tentu akan mendapat informasi yang lebih kompleks. Semoga setelah saya menulis ini pembaca menjadi tertarik dan penasaran untuk membaca buku aslinya. Tulisan ini sengaja saya sajikan perbab agar tidak terlalu panjang. Untuk dapat melihat BAB lainnya akan saya cantumkan semua linknya dibawah ini.

Komentar

Postingan Populer